Saturday, January 26, 2013

Berat Badan Ideal


Tanya:

Saya seorang mahasiswi.  Sejak 1 tahun kuliah, berat badan saya turun.  Saya senang berat badan saya sekarang.  Menurut saya ideal, karena saya bisa memakai model-model baju yang saya sukai.  Tetapi, ibu dan tante saya selalu berkomentar saya terlalu kurus.  Berat badan saya 48 Kg dan Tinggi Badan saya 158 cm, bagaimana pendapat dokter ?

Lisa, Yogyakarta.


Jawab:

Perbedaan pendapat seperti ini bukan monopoli Anda seorang. Saya sering mendengar keluhan seperti ini.  Perlu Anda ketahui bahwa saat ini jumlah masyarakat yang obesitas/kegemukan semakin meningkat.  Berdasarkan data survey Sosial Ekonomi Nasional 1989, jumlah kegemukan di Indonesia untuk penduduk kota 1,1 % dan desa 0,7 %. Sepuluh tahun kemudian, angka tersebut meningkat menjadi 5,3% dan 4,3%.
Saat ini, diperkiraan 10 dari 100 penduduk Jakarta mengalami obesitas.  Kalau kita lihat data yang ada, tidak heran jika akan terjadi perbedaan pendapat.  Dengan semakin banyaknya orang yang obesitas, maka mereka yang mempunyai berat badan normal akan dinilai terlalu kurus.
Untuk mengetahui apakah berat terhadap tinggi badan normal, bisa digunakan criteria Indeks Massa Tubuh (IMT). Rumusnya :



No comments:

Post a Comment