Saturday, March 19, 2016

Air Mendominasi Tubuh Manusia


Tubuh Anda, saya dan orang-orang di sekitar kita, didominasi oleh air. Menurut dr. Luciana B. Sutanto, MS. SpGK., spesialis gizi klinik dari Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran UI, air merupakan komponen yang membentuk seluruh jaringan tubuh. Dia membentuk 70% tubuh, 85% darah, 80% otak, 75% otot, dan 90% sel Anda. Ya, jumlah persentase yang sangat besar.


Untuk memberi gambaran, dr. Luci menyampaikan, “Misalnya, orang dengan berat badan 70 kg di mana total air dalam tubuhnya adalah antara 60 sampai 70%, maka setidaknya 42 liter di tubuhnya adalah air.” Dari jumlah tersebut, perinciannya kira-kira seperti ini: Di dalam sel sekitar 40%, dan di luar sel itu 20%. Di dalam plasma atau pembuluh darah sekitar 5%, di antar jaringan sekitar 15%.

Distribusinya bukan seperti air dalam botol, melainkan menjadi bagian yang menyatu utuh dengan Anda. “Jadi, sel itu tidak padat, tapi di dalamnya ada air yang membantu metabolisme. Sebagai media reaksi di dalam, dan di luar juga, yang diperlukan pada proses fisiologi pencernaan. Artinya, makanan-makanan yang kita makan, tidak bisa larut jika tidak dibantu oleh air,” jelas anggota Perhimpunan Dokter Gizi Medik cabang DKI Jaya (PDGMI-Jaya) ini.

Beberapa fungsi air lainnya adalah untuk melembapkan jaringan mulut, mata dan hidung, melindungi organ dan jaringan tubuh; mencegah sembelit; membantu melarutkan mineral dan zat gizi lain sehingga dapat dimanfaatkan oleh tubuh; mengatur suhu tubuh; sebagai pelumas sendi; meringankan beban ginjal dan hati dengan melarutkan sisa-sisa metabolisme; serta membawa zat-zat gizi dan oksigen ke sel.

Jadi, silakan Anda bayangkan apa yang terjadi jika zat yang sangat vital ini tidak tersedia sesuai porsinya. Bisa gawat, tentunya.



Mens Health

http://www.menshealth.co.id/kesehatan/waras/air.mendominasi.tubuh.manusia/004/003/27


No comments:

Post a Comment